JELANG UNBK, HERI BUDI LAKSANA: YANG PENTING KAMU YAKIN, BELIEVE IN YOURSELF!

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo — Semua siswa-siswi kelas akhir tentu ingin benar-benar mengakhiri segala tugasnya. Melepas almamater kesayangan untuk meraih kelulusan dan mulai menata jalan menuju masa depan.

Sama seperti siswa-siswi kelas XII di SMKMITA (SMK Muhammadiyah 1 Taman) yang setelah kurang lebih 3 tahun menuntut ilmu, kini sudah ada di depan garda menuju masa depan yakni kelulusan.

Berbagai persiapan telah mereka laksanakan. Dari mulai bimbingan belajar, ujian praktik bahkan ujian demi ujian untuk memantapkan diri di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah mereka tuntaskan dengan segala bentuk perjuangan.

Kini tinggal menghitung hari mereka menghadapi UNBK. Mempersiapkan tidak hanya diri, tetapi juga mental dan fisik agar fit saat menjalankan tugas final mereka yakni UNBK yang dijadwalkan akan terlaksana pada tanggal 16-19 Maret 2020 nanti.

Hal inilah yang membuat SMKMITA mengadakan acara Motivation Class khusus bagi siswa-siswi kelas XII dengan tema Believe in Yourself, You Can Do It and Reach It! yang baru saja terlaksana hari ini di Masjid Al Mukminin Jemundo. Senin, (09/03).

“Saya tahu UNBK itu tidak mudah. Tetapi jangan kalian (siswa-siswi kelas XII) anggap bahwa ini adalah ujian, cobalah untuk ubah mindset kalian dengan bilang kalau UNBK adalah tantangan,” sahut Heri Budi Laksana, S.Psi, Cht selaku pemateri saat membuka Motivation Class.

Pria yang lebih akrab disapa Pak Heri ini juga mengatakan bahwa segala bentuk ujian di sekolah bisa dilampaui, asalkan siswa-siswi merasa percaya diri dan sungguh-sungguh dalam belajar.

Heri Budi Laksana, S.Psi, Cht selaku pemateri memberikan motivasi kepada seluruh siswa kelas 12 dalam menghadapi UNBK mendatang. (Reva/Jurnalis)

“Tidak perlu takut. Sekalipun takut itu harus ya. Yang penting kalian yakin, percaya, dan juga berusaha. Jangan lupa doa, sudah segala hal bahkan ujian setara UNBK bisa kalian lewati,” imbuhnya.

Ia juga menuturkan bahwa siswa-siswi kelas XII yang sudah akan lulus ini harus berani mengatur pola pikir, terlebih pola pikir untuk selalu berpikir positif.

“Ketika kalian ingin menjadi orang yang berhasil kalian harus mau berpikir positif. Kenapa? Karena kalau pola pikir kalian positif, apapun yang kalian lakukan pasti akan menghasilkan hal yang positif juga. Berbanding terbalik bila pola pikir kalian negatif, apapun hasilnya pasti akan negatif. Itu bahkan hal yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam,” tegas mahasiswa lulusan Sarjana Psikologi tersebut.

Heri Budi Laksana, S.Psi, Cht juga memberikan pesan bagi siswa-siswi kelas XII agar tetap semangat, dan yang terpenting Believe in Yourself.

“Jangan takut saat menghadapi UNBK, ini garis akhirnya kalian di masa remaja untuk memulai kehidupan di masa dewasa. Jangan takut, yang penting kamu yakin, believe in yourself. Berdoa, percaya sama kekuasaan Allah Ta’ala, minta restu sama orangtua, sudah pasti bisa. Pasti,” katanya.

Pun Heri Budi Laksana, S.Psi, Cht juga mengatakan agar ketika ada oranglain yang merendahkan mimpi siswa-siswi kelas XII, hadapi itu dengan senyuman dan tingkatkan lagi semangat. Bukan dengan merasa sedih, apalagi tertekan.

“Ini pesan saya. Kalau kalian direndahkan mimpinya dengan oranglain, jangan jatuh. Jangan jadikan itu sebagai tekanan. Jadikan itu sebagai motivasi kalian untuk semangat. Karena dengan adanya orang yang merendahkan kamu, kamu seharusnya bersyukur. Berarti mereka yang merendahkanmu baru saja mengakui bahwa kamu satu dua bahkan tiga tingkat lebih unggul dari mereka,” tutupnya.

Penulis. Salsa-J

One thought on “JELANG UNBK, HERI BUDI LAKSANA: YANG PENTING KAMU YAKIN, BELIEVE IN YOURSELF!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *