PERSIAPAN ANBK, SMKMITA GELAR SIMULASI

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Pengumuman Sekolah, Slider

Sidoarjo-SMK Muhammadiyah 1 Taman melaksanakan simulasi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) untuk mengukur peningkatan mutu lembaga pendidikan di tingkat nasional. Bertempat di bengkel umum, OTKP dan AKL, peserta dari kelas XI mendapatkan bimbingan hari ini (31/08) untuk mengikuti ANBK nanti. Rencananya ANBK akan digelar oleh Kemdikbud selama dua hari yaitu pada tanggal 23-24 September.

ANBK sendiri merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.
Sesuai dengan aturan kemdikbud, wakil kepala bidang kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Taman Moch. Haris Setiawan menyampaikan bahwa Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
  2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Dalam Simulasi tersebut peserta didampingi oleh tenaga ahli dari tim kurikulum yang telah menguasai tata cara dan prosesnya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku. Tujuan dari diselenggarakannya simulasi ini agar ketika pelaksanaan ANBK nanti mengetahui prosedur pelaksanaannya.

Sementara itu, kepala SMK Muhammadiyah 1 Taman Eko Muji Wibowo, S.Pd mengharapkan agar kegiatan asesmen ini dari kegiatan simulasi, gladi bersih dan hari H ANBK nanti mudah-mudahan bisa berjalan lancar semuanya. “Semoga berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.
(Mohas/MAF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *