SEMPURNAKAN AJARAN AGAMA SESUAI TUNTUNAN, SMKMITA GELAR MANASIK HAJI

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo — Ibadah haji merupakan salah satu bagian dari rukun Islam, yakni rukun Islam yang kelima. Siapapun yang beragama Islam, tentunya ingin menunaikan ibadah mulia ini di tanah suci. Tempat paling indah bahkan penuh dengan ridho dari Allah Ta’ala.

Menunaikan ibadah haji tidak bisa sembarangan, apalagi asal-asalan. Sebab ibadah ini merupakan ibadah yang apabila dilakukan akan memberikan banyak pahala bagi yang menjalankan. Bahkan segala doa yang dipanjatkan pun insyaAllah akan terkabulkan.

Pentingnya mengetahui tuntunan untuk melaksanakan ibadah haji, SMKMITA (SMK Muhammadiyah 1 Taman) pun menggelar acara Manasik Haji bersama KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh) Jabal Nur Sidoarjo hari ini di Masjid Al Imam Puspa Agro. Selasa, (10/03).

Selain sebagai bentuk pengajaran tuntunan beribadah, acara ini juga diperuntukkan khusus bagi siswa-siswi kelas XII SMKMITA yang dalam hitungan waktu sudah akan lulus dan memiliki gelar sebagai Alumni SMKMITA.

“Inilah detik-detik terakhir kalian (siswa-siswi kelas XII) berada di SMKMITA,” kata Ustadz Reno Hariyadi, M.Pd.I saat membuka sambutannya di depan seluruh siswa-siswi kelas XII.

Reno Hariyadi M.Pd.I selaku guru kemuhammadiyaan dan Ketua Pelaksana Manasik Haji SMKMITA membuka sambutannya didepan seluruh siswa-siswi kelas XII. (Reva/Jurnalis)

Ustadz Reno Hariyadi M.Pd.I yang juga merupakan Ketua Pelaksana Manasik Haji SMKMITA pun menuturkan bahwa dengan adanya acara Manasik Haji, SMKMITA telah menuntaskan komitmennya untuk mengajarkan tuntunan beribadah sesuai sunnah dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam kepada siswa-siswinya, lebih-lebih kepada siswa-siswi kelas XII.

“Kami (rekan-rekan guru SMKMITA) berupaya dengan semaksimal mungkin untuk menyempurnakan ajaran agama Islam yang sesuai dengan sunnah dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam,” terang guru mata pelajaran Kemuhammadiyahan tersebut.

“Dari awal kalian masuk SMKMITA, kami berupaya mengajarkan kalian sholat, zakat, kemudian puasa yang mana itu semua sesuai dengan sunnah. Dan kini, kami memberi kesempurnaan ajaran agama Islam kepada kalian yakni pelaksanaan haji, manasik haji,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, Ustadz Reno Hariyadi, M.Pd.I juga turut memberikan pesan kepada siswa-siswi kelas XII agar tidak lupa bahwa di masing-masing pundak mereka ada nama baik Persyarikatan Muhammadiyah yang harus mereka jaga dan mereka amalkan segala tuntunan ajarannya.

“Di pundak kalian ada nama baik Persyarikatan Muhammadiyah. Berusahalah meneladani itu, dan sekaligus berusahalah untuk senantiasa mengingat guru-guru kalian. Sebab tidak ada yang namanya mantan guru. Guru kalian tetap akan menjadi guru sampai kapanpun,” pesannya.

Lebih dari itu, acara yang juga dihadiri oleh KBIHU Jabal Nur Sidoarjo ini pun telah berhasil membuat siswa-siswi kelas XII merasa senang dan memiliki pengalaman melaksanakan manasik haji.

“Diantara kebaikan seorang muslim yang baik adalah mereka ini dipertemukan dengan orang-orang baik, di tempat yang baik. InsyaAllah seperti kita semua yang ada disini,” sahut Ustadz H. Muhammad Tamami. Perwakilan dari KBIHU Jabal Nur Sidoarjo, saat membuka sambutannya.

Ustadz H. Muhammad Tamami yang juga merupakan mantan prajurit Angkatan Laut ini pun turut menyampaikan berbagai materi seputar pelaksanaan ibadah haji.

Pun ia berharap seluruh siswa-siswi kelas XII dapat mengambil nilai positif dari pelaksanaan manasik haji hari ini. Bahkan tidak sungkan untuk mulai menumbuhkan keinginan agar suatu hari nanti mampu menunaikan ibadah haji.

“Saya berharap kalian (siswa-siswi kelas XII) dapat menarik nilai positif dari kegiatan ini, ya. Dan juga harus diingat, ibadah haji haruslah sesuai dengan ajaran Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Ittiba, mengikuti. Tidak hanya ibadah haji sebenarnya, tetapi seluruh ibadah kita haruslah berpegang teguh diatas sunnah. Haruslah kita ittiba,” katanya tegas.

Penulis. Salsa-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *