Kunjungan Industri Siswa TKJ ke Puskom PPNS Surabaya

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Kamis,15 November 2018 – Siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Taman jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan tengah melaksanakan kegiatan “Study Visit” ke Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya(PPNS) dan Museum Surabaya dengan tujuan mengetahui tentang sejarah-sejarah yang ada di kota Surabaya. Pada pukul 7 pagi, para siswa sudah bersiap untuk briefing dan menaiki bus untuk persiapan pemberangkatan dengan beberapa guru siswa TKJ yang mendampingi mereka.

Ketika sampai ditempat kunjungan industri”Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya”, para siswa dan guru pendamping bergegas turun dari bus untuk memasuki gedung tersebut. Sebelum melakukan penelitian,semua siswa diharapkan untuk menyimak dengan baik beberapa instruksi dari dosen tentang istilah “Safety Indection” yang artinya tanda keselamatan pada semua tempat agar tidak terjadi apa-apa pada seseorang. Setelah beberapa menit, para siswa XII TKJ dipersilahkan untuk mengambil sesi foto bersama, dan seorang dosen mengajak mereka ke sebuah ruangan untuk memberikan sedikit materi dan mengenalkan mereka tentang sejarah berdirinya gedung PPNS pada tahun 1987 yang dipimpin oleh direktur Ir.Eko Julianto yang mempunyai visi “Menjadi politeknik unggul yang berprestasi global”

Gedung tersebut memiliki 43 ruangan. Beberapa ruangan dibuat untuk perusahaan pembuatan kapal. Pemateri juga banyak menjelaskan kepada mereka tentang teknik-teknik pembuatan kapal, yaitu:

  1. Teknik perancangan & konstruksi kapal
  2. Teknik pembangunan kapal
  3. Teknik Desain
  4. Teknik pengelasan
  5. Teknik kelistrikan
  6. Teknik Otomasi
  7. Teknik permesinan
  8. Dan yang terakhir teknik pengolahan limbah.

Perusahaan kapal ini juga bekerja sama dengan perusahaan dalam dan luar negeri, meskipun belum membuka cabang di beberapa kota. Nah, uniknya disana para siswa bukan hanya diberikan materi tentang perkapalan tetapi juga dijelaskan materi tentang cara pembuatan robotika dan karya ilmiah yang menarik. Mereka juga diajak berkeliling melihat bentuk kapal yang bermacam-macam jenis.

Ketika Adzan dhuhur mulai berkumandang, para siswa bergegas untuk melaksanakan ibadah sholat dhuhur dan beristirahat sebentar untuk makan siang. Setelah dari kunjungan industri perkapalan, tujuan mereka selanjutnya adalah Museum Surabaya yang lokasinya tidak jauh dari Perusahaan Industri Perkapalan. Tak kalah menarik dari sebelumnya,pemateri di museum tersebut juga menjelaskan asal mula kota Surabaya, pakaian-pakaian khas Surabaya, alat-alat berharga, dan segala sesuatunya yang ada di kota tersebut. Sangat senang sekali para siswa kelas XII TKJ hari itu, walaupun banyak yang mengeluh karena ingin pulang. Tetapi,lelah mereka sepadan dengan banyaknya ilmu yang mereka dapatkan disana.

Terima kasih untuk para pemateri yang telah membimbing mereka dari awal sampai akhir pembelajaran, harapan dari kegiatan ini tidak lain agar semua bisa mengerti dan tahu tentang sejarah-sejarah tersebut, bukan hanya didengarkan tetapi juga dipahami apa yang telah diterapkan dalam pembelajaran ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *