BERANI BEDA, SMKMITA UPAYAKAN JADI SEKOLAH LITERASI

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo — “Mari Membaca, Siap Berkarya!” adalah sebuah slogan yang menjadi andalan bagi Perpustakaan Cerdas SMKMITA (SMK Muhammadiyah 1 Taman). Berdiri sebagai salah satu tempat yang cukup banyak dikunjungi dan digemari oleh siswa-siswi SMKMITA, Perpustakaan Cerdas menjadi sudut baca dan pengembangan karya literasi yang cukup membanggakan di SMKMITA.

    Mengikuti alur MPLSPDB, Perpustakaan Cerdas juga turut serta menyambut peserta didik baru SMKMITA dengan slogan penuh semangatnya yang cukup mampu memberikan afirmasi positif untuk minat baca siswa-siswi SMKMITA.

Ibu Nahar Rany dan pustakawan muda menjelaskan tentang perpustakaan SMK Muhammadiyah dan pustakawan muda (Shabrina/Jurnalis)

    Menariknya, Perpustakaan Cerdas cukup banyak melibatkan siswa-siswi SMKMITA untuk setiap kemajuan. Bahkan Perpustakaan Cerdas memiliki Pustakawan Muda yang anggotanya merupakan siswa-siswi SMKMITA sendiri.

    “SMKMITA bukan Sekolah Menengah Kejuruan biasa, soalnya SMKMITA ini juga sangat menjunjung tinggi literasi. Mengupayakan semaksimal mungkin supaya siswa-siswi SMKMITA suka dengan literasi yang berhubungan dengan membaca dan menulis,” kata Nahar Rany, Kepala Perpustakaan Cerdas di Aula SMKMITA, Senin. (15/07).

    Selain itu, Nahar Rany juga mengungkapkan harapan terbesarnya supaya siswa-siswi SMKMITA bisa menjadi siswa-siswi yang memiliki semakin banyak lagi minat baca. Semakin tinggi lagi minat baca. Bahkan tidak sungkan untuk berkarya.

    “Kalian (peserta didik baru SMKMITA) kalau memang tertarik untuk mengembangkan karya kalian di literasi, mungkin juga kalian sudah memiliki karya—bisa kalian kirimkan ke kami (Perpustakaan Cerdas), Insyaallah kami terima karya kalian dengan senang hati. Bahkan bisa juga kami kirim ke penerbit,” tambah Nahar Rany sembari tersenyum.

    Tidak hanya itu saja, Nahar Rany juga memberitahukan bahwa Perpustakaan Cerdas memiliki Pustakawan Muda. Bahkan ia membawa dua orang Pustakan Muda yakni Natalia (XI APK) dan Najla (XI APK).

    “Jadilah kalian generasi muda yang suka membaca, rek. Baca buku, jangan cuma baca-baca chat di HP kalian. Soalnya ada banyak manfaat positif kalau kalian baca buku, dan itu pasti manfaat positifnya. Coba kalau kalian baca chat HP saja, sudah enggak manfaat, enggak pasti juga positifnya,” tutup Natalia, Pustakawan Muda Perpustakaan Cerdas. (Salsa-J)

Tinggalkan Balasan