LITERASI DAKWAH – ONE DAY, ONE HADIST

Berita Unggulan

JANJI ALLAH TERHADAP AHLUL QUR’AN.

Kamis, 3 Ramadhan 1442 H / 15 April 2021 MSebagaimana kita ketahui bersama, Al Qur’an Suci tidak akan pernah habis keajaibannya dan tak terhitung jumlah makna dan manfaatnya. Merupakan Kalamullah yang Maha-mengetahui. Tidak mengandung kesesatan, baik di awal maupun di akhir ayatnya.

Orang yang hidupnya tidak pernah membaca Qur’an Suci apalagi mentadabburinya, hidupnya ibarat berjalan dalam kegelapan. (QS.An-Nur:40)

Sumber : https://images.app.goo.gl/kychuxxC3Bp72t7MA

Terhadap mereka yang selalu membaca serta mentadabburi Al qur’an Suci, janji Allah swt ialah:

1. Menjadi Manusia Terbaik.

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (H.R Bukhari)

2. Diangkat Derajatnya Oleh Allah.

اِنَّ اللهَ يَرْفَعُ بِهٰذَا الْكِتَابِ اَقْوَامًا وَيَضَعُ بِهٖ اٰخَرِينَ

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat beberapa kaum dengan kitab (Al-Qur’an) ini dan menghinakan yang lari dengannya.” (H.R Muslim)

3. Bersama dengan Malaikat Yang Mulia.

اَلْمَاهِرُ بِاالْقُرْآنِ مَعَ السَّفْرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Orang yang mahir membaca Al-Qur’an, maka nanti akan berkumpul bersama-sama dengan para malaikat yang mulia dan taat.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Sumber : https://images.app.goo.gl/wAw2CdmTLEXThr89A

4. Memperoleh Derajat Tinggi Di Syurga.

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ: اِقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتٍّلُ فِى الدُّنْيَا, فَاِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Dari Abdullah bin’Amru bin Ash RA. berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Dikatakan kepada orang yang hafal Al-Qur’an, bacalah Al-Qur’an! dan Naiklah!, dan bacalah dengan tartil, sebagaimana kamu melakukannya ketika di dunia, karena kedudukanmu (di akhirat) ada di akhir ayat yang kamu baca.”

5. Orang Tuanya mendapat Mahkota Kemuliaan Di Akhirat

مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَعَمِلَ بِمَا فِيهِ، اُلْبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ ضَوْؤُهُ اَحْسَنُ مِنْ ضَوْءِ الشَّمْسِ فِى بُيُوتِ الدُّنْيَا لَوْ كَانَتْ فِيكُمْ فَمَا ظَنُّكُمْ بِالَّذِى عَمِلَ بِهَذَا

“Barang siapa yang membaca Alqur’an dan mengamalkan isi kandungannya, niscaya Allah akan memakaikan mahkota kemuliaan kepada kedua orangtuanya kelak pada hari kiamat. Sinarnya lebih terang dari pada sinar matahari yang menyusupi rumah-rumah di dunia, sekiranya (matahari) itu di dalam rumah kalian, bagaimanakah menurut kalian terhadap orang-orang yang mengamalkannya (Al-Qur’an)?” (H.R Abu Dawud)Marilah kita utamakan waktu untuk membaca, memahami, mentadabburi, serta mengamalkannya, agar kita tidak tergolong sebagai *orang yang rugi* (QS. Al-Ashr 1-3)

Refrensi hadist: Ustadz Supriyadi, S. Ag.Redaksi: Jurnalissmkmita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *