DAKWAH LITERASI – ONE DAY, ONE HADIST

Berita Unggulan

SEDEKAHLAH MESKIPUN HANYA DENGAN SEBUTIR KURMA, MAKA ENGKAU AKAN TERJAGA DARI API NERAKA

Rabu, 2 Ramadhan 1442 H / 13 April 2021

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَعْقِلٍ قَالَ سَمِعْتُ عَدِيَّ بْنَ حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

Dari Abu Ishaq berkata, aku mendengar ‘Abdullah bin Ma’qil berkata, aku mendengar ‘Adiy bin Hatim radhiallahu’anhu berkata, aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, “Jagalah kalian dari neraka sekalipun dengan (bershadaqah) sebutir kurma”. (HR. Bukhari: 1328)

Sumber : https://pin.it/2YpKKeo

Hikmah :

1. Motivasi dari hadits tersebut adalah sangat besar dan cukup memberi gambaran kepada kita, bahwa sedekah memiliki pahala yang sangat besar dan bisa menghindarkan diri dari neraka, meskipun sedekahnya sedikit dan dalam bentuk apapun.

2. Sebiji kurma tersebut bisa dimaksud amalan sedekah, tidak harus bernilai besar, bisa dengan sedekah bernilai sedikit yang terpenting adalah ikhlas.

3. Kita tidak boleh meremehkan hal sedekah kepada siapapun, meskipun sedekah dalam bentuk yang sangat kecil. Misalnya uang seribu perak, nasi satu bungkus, atau satu snack kotak kecil, yang terpenting adalah ikhlas karena Allah, dari hasil yang halal, insha Allah sedekah itu akan terjaga sampai yaumil qiyamah.

4.Rasulullah bersabda yang artinya, “Bersedekahlah! Karena akan datang suatu zaman seseorang berjalan membawa sedekahnya, kemudian orang yang diberikan sedekah berkata, “Seandainya engkau datang kemarin, maka akan terima sedekahmu, adapun hari ini saya tidak butuh lagi” (HR Bukhori ).

Sumber : https://pin.it/1HXb

5. Rasulullah SAW bersabda:

فا تقوالنا ر و لو بشق تمرة فمن لم يجد فبكلمة طيبة

Artinya:Jagalah diri kalian dari neraka, meskipun hanya dengan sedekah sebiji kurma. Barang siapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik. (HR Bukhori no 1413, 3595 dan Muslum no 1016). Wallahua’lam. Refrensi hadist: Ust. Supriyadi, S. Ag.

Redaksi: Jurnalissmkmita

2 thoughts on “DAKWAH LITERASI – ONE DAY, ONE HADIST”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *