AJARKAN PENTINGNYA PEDULI LINGKUNGAN, SMKMITA TANAMKAN INI KE SISWA

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – Hari Kamis, 16 Juli 2020 merupakan hari keempat dari kegiatan Fortasi Online. Tema yang diangkat kali ini adalah ‘Student Earth Generation’. Dengan menghadirkan Akbar Al-Farisi sebagai pemateri dan juga didampingi oleh Inggi Ardianto Nugroho sebagai moderator.

Materi ‘Student Earth Generation’ yang disampaikan oleh Bapak Akbar Al-Farisi beserta Inggi Ardianto sebagai moderator. (Shabrina-J)

Materi kali ini menjelaskan tentang hubungan Ekologi Lingkungan dan Circular Economy, yang diangkat berdasarkan fakta karena banyaknya kerusakan lingkungan akibat ulah kegiatan industri yang tak terkendalikan dan pabrik yang mengeluarkan limbah semakin meningkat. Hal tersebut tentu saja membawa dampak negatif bagi lingkungan. Sudah sepatutnya kita tergerak menjadi pelajar yang peduli akan lingkungan.

Dalam materinya, Akbar Al-Farisi menerangkan bahwasannya Hubungan Ekologi berarti suatu ilmu yang mempelajari interaksi organisme dengan lingkungannya, contohnya seperti manusia dengan mahluk hidup yang lainnya. Sedangkan Circular Economy mempunyai gambaran sebagai sebuah kegiatan daur ulang yang memanfaatkan limbah untuk membentuk kegiatan produksi baru.

“Manfaat ekologi lingkungan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari ada beberapa yakni lebih mengenali keberagaman hayati, mengenal perilaku makhluk hidup, bisa memanfaatkan perilaku makhluk hidup yang dapat digunakan oleh manusia sebagai perkembangan teknologi,” tutur Akbar Al-Farisi, selaku pemateri.

Ada alasan mengapa memahami Ekologi Lingkungan dan Circular Economy itu penting, tidak hanya membantu agar memahami peran terbaik terhadap lingkungan, tetapi juga agar menciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman sehingga memudahkan kita untuk lebih bersyukur.

Dalam materi tersebut juga disampaikan bagaimana cara menjadi manusia yang mempunyai peran baik terhadap lingkungan, dimana hal tersebut dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti membersihkan kamar sendiri, membuang sampah pada tempatnya, dan memanfaatkan hal-hal kecil disekitar kita seperti lahan gersang yang diubah menjadi taman dan kolam.

Pun diakhir sesi dia tak lupa memberikan kesimpulan dari gagasannya mengenai materi yang disampaikan hari ini. Dia mengatakan bahwa kita sebagai manusia yang bergantung pada alam, untuk merawatnya dengan sebaik mungkin, agar kita dapat memiliki lingkungan yang baik.

Dan sebagai penutup, dia menuturkan bahwa “Alam tidak pernah ingkar janji, jika kita menjaga, maka alam akan memberikan timbal baliknya,” tutupnya.

Penulis: Aisyah-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *