BARU TAU KAN? SMKMITA PUNYA PROGRAM GEBYAR TELE KUIS SANTRI

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Ramadhan tinggal menghitung hari, tanpa terasa 17 hari tersisa menuju bulan yang mulia tersebut. Berbagai aktivitas dilakukan guna untuk menyambut bulan suci Ramadhan, salah satu yang terbaru adalah Gebyar Tele Kuis Santri SMKMITA yang sore hari ini memasuki episode ke 2.(27/3)

Kegiatan Gebyar Tele Kuis Santri ini diadakan dengan tujuan untuk mengiringi keseharian para siswa dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari sekali dan dilaksanakan mulai pukul 17.00 sampai sebelum adzan maghrib berkumandang.
Kegiatan ini dilaksanakan melalui media daring Zoom yang diisi dengan tausiyah singkat oleh Ustadz Reno Hariyadi, M.Pd.I selaku guru ismuba di SMKMITA dan juga diikuti oleh seluruh peserta didik mulai dari kelas X, XI, dan XII semua jurusan.

Seperti halnya hari ini, kegiatan diawali dengan muqoddimah dan tausiyah singkat dengan tema 3 Sifat Manusia Yang Dilarang Oleh Rosulullah. Dimana penjelasan yang diberikan oleh Ustadz Reno menjadi wawasan spiritual bagi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Seperti tentang anjuran-anjuran Nabi Muhammad untuk menghindari 3 sifat yang dibenci oleh Allah yang diantaranya adalah ;

  1. Sifat Kikir yang diikuti
  2. Sifat Hawa Nafsu yang diikuti
  3. Sifat Takabur/Membanggakan dirinya

“Kekikiran adalah sifat yang membawa manusia kepada kehancuran, layaknya kisah zaman terdahulu yakni Qorun yang teramat bakhil terhadap harta kekayaannya yang melimpah sehingga Allah menenggelamkannya beserta harta kekayaannya ke dasar bumi,” jelas Ustadz Reno.

Ustadz Reno ketika menyampaikan tausiyah singkat melalui media daring zoom. (Akbar-J)

Kedua adalah hawa nafsu yang diikuti akan membawa manusia dalam perbuatan keji, sebagaimana firman Allah dalam surat Yusuf disampaikan ; Sesungguhnya nafsu itu memerintahkan pada kekejian. Oleh karena itu siapa saja orang yang akhlaknya dikuasai oleh nafsu dalam artian dia sudah tidak memiliki pengendalian jiwa, maka orang seperti ini hidupnya seperti orang buta yang dituntun menuju jurang yang dalam tanpa dia sadar.

Dan yang ketiga jelas beliau adalah sifat takabur atau sombong. “Sifat bangga dan sombong termasuk hal yang membinasakan, karena sifat sombong tidak disukai oleh Allah. Dan siapa saja yang memiliki sifat sombong akan terjauh dari rahmatNya,” tutur beliau.

Ustadz Reno pun menyampaikan nasihat singkat untuk para peserta Gebyar Tele Kuis Santri hari ini, yakni agar kita menjauhi ketiga sifat tersebut semata-mata untuk meraih ridlo dan kasih sayang Allah SWT.

Tak hanya tausiyah singkat diawal acara, kegiatan tersebut pun terdapat tele kuis interaktif yang berisikan beberapa pertanyaan dan hadiah untuk peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan. Namun harus menyebutkan password yang sudah ditentukan sebelum mulai menjawab.
“Gebyar Tele Kuis Santri…”, ucap Pak Reno.
“Nyantri from home, yaa nyantri from home,” jawab peserta yang diberikan kesempatan untuk menjawab. Sehingga peserta dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dan jika benar akan mendapatkan hadiah menarik nantinya.

Dengan diadakannya kegiatan rutin tersebut, beliau menyampaikan harapan besarnya yang ditujukan untuk para siswa-siswi SMKMITA yang mengikuti kegiatan Gebyar Tele Kuis Santri.

“Alhamdulillah wa syukurillah, semoga dengan diadakannya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat untuk para siswa-siswi khususnya, meningkatkan antusiasme mereka dalam menuntut ilmu agama, serta sebagai interaksi rutin yang seru dalam memanfaatkan waktu luang siswa-siswi di sore hari,” ujar guru ismuba tersebut.

“Nantinya kegiatan ini akan terus diadakan selama bulan Ramadhan, sehingga anak-anak dapat menanti momentum adzan maghrib (baca; Ngabuburit) sembari mendengarkan tausiyah singkat yang InsyaAllan bermanfaat untuk semuanya, tutup beliau.

Penulis. Akbar-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *