GREBEG MINIMART JADI JALAN BERBAGI ALA SMKMITA

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – SMK Muhammadiyah 1 Taman jadikan Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini sebagai aksi kemanusiaan dan peduli sesama lewat kegiatan Grebek Minimart.

Grebek Minimart atau pembongkaran produk-produk persediaan yang biasa dijual kepada para siswa/i SMK Muhammadiyah 1 Taman untuk disumbangkan kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemanfaatan produk jual ketika aktivitas sekolah tengah diberhentikan untuk sementara waktu dan Minimart SMKMITA yang otomatis tidak dapat ber-operasional pula.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 8 Mei 2020 dari mulai jam 8-10 pagi dan dikoordinir oleh para guru penanggung jawab Minimart SMKMITA yaitu Ibu Zuroidah, Ibu Nurul, dan Ibu Detty. Tak hanya itu, 3 siswa juga dikerahkan untuk membagikan produk-produk Minimart, diantaranya adalah Muzakki Lutfi kelas XI TKJ 2, Jaya Putro kelas X TKJ, dan Anandito kelas XI TKJ 1. Pembagian dilakukan di beberapa tempat disekitar Desa Jemundo, Sambisari, dan Gilang.

3 siswa yang turut membantu membagikan berbagai produk dari Minimart SMKMITA pada warga sekitar. (Shabrina/Jurnalis)

Ide ini pertama dicetuskan oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Taman guna menghindari barang Expired karena rata-rata yang dijual disana adalah makanan-makanan ringan atau snack, dan guna meningkatkan rasa peduli sesama, yang kemudian direalisasikan oleh Ibu Anis Sudaryaningsih selaku Waka Sarpras SMKMITA dengan menginstruksikan kepada para penanggung jawab Minimart SMKMITA untuk melakukan kegiatan berbagi yaitu Grebek Minimart.

“Alhamdulillah respon masyarakat bagus sekali, semoga bermanfaat untuk semuanya. Ada banyak nilai yang bisa dipetik, seperti rasa saling berbagi, memanfaatkan barang dagangan, dan juga memberi kebahagiaan untuk orang lain, ” Ujar Dra. Anis Sudaryaningsih selaku Waka Sarpras SMK Muhammadiyah 1 Taman.

Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat. Hal itu diakui oleh salah satu siswa dari kelas XI TKJ 2 yaitu Muzakki Lutfi yang ikut serta dalam pembagian produk-produk Minimart. Ia berharap kegiatan ini dapat berlangsung lagi dengan sasaran yang lebih luas seperti kaum dhuafa dan yang dibagikan tidak hanya makanan ringan tetapi juga bahan-bahan pokok.

“Alhamdulillah.. Bermanfaat banget, daripada makanan-makanan di Minimart enggak ada yang makan jadinya mubazir. Lebih baik diberikan kepada yang lebih membutuhkan,”Tutupnya.

Penulis. Endah-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *