JELANG ANBK, SMKMITA PERSIAPKAN PESERTA DIDIK DENGAN SIMULASI

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah

Taman, Sidoarjo – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Hal itu disampaikan oleh M. Haris Setiawan, S.Pd.I. selaku waka kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Taman. Selasa, (31/8)

Dalam hal ini, pengetahuan dan kompetensi siswa dinilai dari tiga instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM literasi dan numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang di laksanakan di Lab Perkantoran SMKMITA. (Farah-J)

Pada hari ini, SMKMITA telah merampungkan simulasi ANBK perdananya untuk beberapa siswa kelas XI yang dipilih oleh Pemerintah Dinas Pendidikan. Tercatat 50 siswa SMKMITA yang menghadiri simulasi, dengan rincian 15 siswa di bengkel AKL, 15 siswa di bengkel OTKP, dan 15 siswa di bengkel umum. Sedangkan 5 siswa menjadi cadangan yang ikut serta di masing-masing bengkel.

“Alhamdulillah lancar, adanya simulasi ini sangat memudahkan kami agar kami tidak kaget saat menghadapi ujian aslinya,” ujar Nabila XI AKL sebagai salah satu peserta simulasi ANBK.

ANBK ini dilakukan di sekolah dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah disediakan. Walau dilakukan secara tatap muka, SMKMITA tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang di laksanakan di Lab Akutansi SMKMITA. (Farah-J)

“Untuk estimasi waktu yang disediakan selama simulasi ANBK ini sekitar 120 menit tadi pelaksanaannya mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB,” ungkap Haris.

Eko Muji Wibowo, S.Pd selaku Kepala SMKMITA mengatakan bahwa asesmen merupakan ajang bagi sekolah untuk dijadikan evaluasi dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Nanti kita akan selalu adakan evaluasi, karena hasil dari asesmen inilah yang akan menjadi pembelajaran buat kita semua.” Ucap Kepala SMKMITA.

“Harapan terlaksananya simulasi ANBK ini bagi siswa/i, semoga hasil dari pengerjaan Asesmen dapat menambah pengetahuan dari segi literasi dan numerasi siswa,” tandas Haris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *