JURNALIS SMKMITA IKUTI WORKSHOP MENULIS KREATIF DIGITAL OLEH MASPION IT

Berita Unggulan

Maspion IT bersama Manager Online Harian Surya sukses menggelar workshop yang bertajuk ‘Menulis Kreatif Jurnalistik Digital’ siang tadi. Kamis, (30/9)

Maspion IT mengundang salah satu praktisi jurnalis senior yakni Adrianus Adri selaku Editor Manager Online Harian Surya. Beliau bisa disebut wartawan senior, dikarenakan telah lama berkiprah dalam dunia jurnalistik. Hal itulah, yang mendasari Maspion IT menggandengnya untuk mengisi materi menulis yang bertempat di Maspion Square, Surabaya City.

Adri mengatakan, menulis adalah organisasi ide. Yang memiliki arti bahwasanya menulis merupakan sebuah kegiatan pencatatan ide dalam bentuk tulisan, sebab dengan menulis kita bisa mendapat gagasan baru yang jauh lebih baik dari gagasan yang sebelumnya.

Kegiatan workshop Menulis Kreatif Jurnalistik Digital yang di adakan oleh Maspion IT. (Farah-J)

“Menulis itu untuk menuangkan ide. Pastinya, sebelum seseorang menyampaikan gagasannya kepada publik, mereka pasti akan menuliskannya terlebih dahulu. Setelah itu, baru dibicarakan kepada publik,” ungkapnya.

Lanjutnya, menulis tidak hanya bertujuan untuk mengeksekusi ide menjadi sebuah tulisan. Menulis juga bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada publik. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menulis, yakni penetapan angle (sudut pandang).

“Sebelum menulis, kita harus menentukan angle tulisan, agar tulisan kita dapat menarik orang lain membaca keseluruhan tulisan kita. Itu pentingnya angle, untuk menarik perhatian orang,” jelas Adri.

Adri juga menjelaskan bahwasanya 5W+1H itu sangat penting dalam sebuah tulisan. Pasalnya, tulisan yang menggunakan unsur tersebut, bisa dikatakan tulisan itu adalah tulisan yang benar dan lengkap sehingga pembaca dapat menemukan informasi apa yang terkandung dari tulisan itu.

Foto bersama setelah acara workshop selesai. (Farah-J)

Di penghujung acara, untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikannya, Adri memberi tantangan kepada seluruh peserta workshop yang terdiri dari guru dan siswa SMK se-Jawa Timur untuk menulis tulisan yang memuat unsur 5W+1H, tulisan tersebut akan diposting melalui App Instagram.

“Kita harus sering-sering membaca untuk mendapatkan referensi. Karena semakin banyak kita membaca, nantinya tulisan kita akan semakin baik. Tetap semangat dan perbanyaklah latihan menulis,” pungkas Adri.

Penulis : Fitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *