JURNALIS SMKMITA MEMPERLUAS EKSISTENSI PELIPUTAN KEGIATAN LUAR SEKOLAH

Berita Unggulan, HEADLINE, Slider

Taman, Sidoarjo – Kini, Jurnalis SMKMITA kembali memperluas eksistensi liputan setelah kosongnya jadwal peliputan selama beberapa saat. Hal itu terbukti dengan peliputan kegiatan IPM Sepanjang kemarin, (13/9) oleh tim Jurnalistik SMK Muhammadiyah 1 Taman yang berlokasi di SMP Muhammadiyah 2 Taman.

Sebelumnya, jurnalis gencar membekali ilmu dan pengetahuan setiap personilnya sebelum ditugaskan untuk melakukan peliputan, terutama di luar sekolah. Sehingga jurnalis yang ditugaskan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Ada dua personil yang ditugaskan untuk meliput kegiatan yang bertajuk ‘Menjadi Pelajar Muhammadiyah Yang Adaptif Dalam Mengikuti Arus Perubahan Zaman’ yang digelar oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sepanjang, yakni Ivanda XII OTKP dan Fitri XI AKL.

Personil jurnalis meliput ipm sepanjang (ivanda-j)

“Menurut saya, kegiatan ini bagus sekali, kita tidak hanya belajar di dalam sekolah saja, kita juga mendapat pengetahuan baru, dan bisa memperkenalkan bahwa di SMKMITA juga ada komunitas jurnalistik,” kata Ivanda XII OTKP selaku salah satu personil yang ditugaskan untuk kegiatan peliputan kemarin.

Akbar Al-Farisi selaku pembimbing jurnalis SMKMITA mengapresiasi program kerja ‘Jurnalis Abdi Masyarakat’ yang dapat terealisasi walau pun masih dalam keadaan pandemi. Hal itu memunculkan apresiasinya terhadap jurnalis yang mulai aktif dalam kegiatan masyarakat Muhammadiyah.

“Kegiatan ‘Jurnalis Abdi Masyarakat’ ini ditujukan khususnya untuk warga Muhammadiyah di sekitar dan instansi-instansi non Muhammadiyah lainnya,” ungkap Akbar.

Akbar juga memaparkan tujuan apik yang terkandung dalam kegiatan ini, yakni personil jurnalis SMKMITA tidak hanya mendapat ilmu jurnalistik secara teori saja tetapi juga secara praktik di lapangan, praktiknya pun tidak hanya berada dalam lingkungan sekolah saja melainkan juga di luar sekolah.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan manfaat pada masyarakat dengan cara mengemas kegiatan mereka dalam bentuk artikel dan bulletin video. Karena ilmu yang diperoleh dari sekolah itu tidak seberapa, dibanding saat personil terjun langsung ke lapangan,” jelasnya.

Ivanda memaparkan bahwasanya dia mendapat banyak ilmu, pengalaman, dan relasi baru di tempat dan suasana yang baru. Ternyata, hal itu dapat memantik semangat Ivanda untuk kembali melakukan peliputan di luar sekolah.

Lanjutnya, Ivanda menginginkan jika jangkauan peliputan oleh jurnalis SMK Muhammadiyah diperluas lagi, sehingga eksistensi jurnalis SMKMITA akan lebih dikenal banyak orang.

“Saya berharap, bagi personil yang sudah pernah ditugaskan meliput kegiatan luar sekolah, agar berbagi ilmu dan pengalamannya kepada personil jurnalis lainnya dan bagi yang belum pernah ditugaskan tetap semangat, asah terus kemampuan kalian, sehingga jika kesempatan itu datang kalian sudah siap untuk bertugas,” pungkas Akbar.

Penulis : Fitri -j

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *