LAKSANAKAN ANBK, BEGINI SUASANA DI SMKMITA

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Pengumuman Sekolah, Slider

Sidoarjo – SMK Muhammadiyah 1 Taman melaksanakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) untuk mengukur peningkatan mutu lembaga pendidikan di tingkat nasional. Bertempat di bengkel umum, OTKP dan AKL, ANBK berlangsung selama 4 hari mulai 20 hingga 23 September 2021.

Pada ANBK ini dibagi 2 gelombang. Gelombang 1 diikuti oleh siswa kelas 10 pada hari pertama dan kedua. Sedangkan gelombang 2 diikuti oleh siswa kelas 11 pada hari ke tiga dan ke empat.Pada hari pertama pelaksanaan ANBK ada kendala pada jaringan. Menurut informasi yang dihimpun dari telkom, terdapat kabel Indihome dan Telkom Indonesia yang terputus di bawah laut sehingga mengakibatkan gangguan jaringan. Hal tersebut mengakibatkan pelaksanaan ANBK agak sedikit mundur yang sedianya dilaksanakan pada pukul 07.30 menjadi pukul 09.30 WIB.

ANBK sendiri merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Sesuai dengan aturan kemdikbud, wakil kepala bidang kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Taman Moch. Haris Setiawan menyampaikan bahwa Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Sementara itu, kepala SMK Muhammadiyah 1 Taman Eko Muji Wibowo, S.Pd berharap agar kegiatan assesmen hari berikutnya bisa berjalan lancar semuanya. “Semoga besok bisa berjalan dengan baik dan lancar sampai selesai” ucapnya. (Sakna Nur Habibah / MAF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *