KEMBANGKAN DAYA PIKIR SISWA SMKMITA MELALUI OUTING CLASS

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – Untuk menambah kreatifitas para siswa dan menambah wawasan mereka, SMKMITA adakan outing class agar pembelajaran lebih bervariasi dan siswa bisa menerapkan ilmu yang dipelajari dalam dunia kerja nyata nantinya. Senin, (29/11)

Outing class merupakan pembelajaran di luar kelas sebagai upaya untuk pengembangan metode pembelajaran yang selama ini hanya dilakukan di kelas. Kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan siswa dengan dunia kerja terutama yang berhubungan dengan kegiatan administrasi.

Penyampaian informasi mengenai kegiatan outing class. (Farah-J)

Dijelaskan oleh Fitria Astutik, S.Pd selaku guru pendamping, karena masih dalam situasi PPKM maka kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB s/d selesai, dengan berada di tiga tempat yaitu Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Sidoarjo, BPS (Badan Pusat Statistik) Sidoarjo, serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sidoarjo.

Outing class hari ini merupakan kegiatan yang kedua, karena pada tanggal 9 sudah dilaksanakan outing class pertama yang hanya diikuti kelas XI MPLB. Sedangkan pada hari ini, siswa yang mengikuti ada 35 siswa dari kelas XI dan 33 siswa dari X MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis).

“Sekolah mengadakan kegiatan ini karena agar siswa termotivasi bahwa belajar tidak selalu dilakukan di kelas, tapi bisa dilakukan dimana saja. Dengan belajar di luar harapannya agar ada pembaharuan informasi, selain itu agar siswa bisa mempraktekkan materi yang didapat di kelas,” ujar Fitria Astutik.

Kegiatan ini diisi dengan pemberian materi kepada para siswa terkait hal-hal yang berhubungan dengan administrasi disertai gambaran singkat terkait dinas yg dikunjungi. Selain itu, ada juga guru pendamping sesuai masing-masing tempat.

Sebagai guru pendamping untuk kelompok yang bertempat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sidoarjo, Fitria Astutik mengatakan kesannya bahwa ia salut dan banyak berterimakasih kepada ketiga instansi tersebut yang sudah berkenan menerima siswa SMK Muhammadiyah 1 Taman untuk melakukan outing class serta telah menambah pengetahuan siswa.

Dokumentasi kelas X, XI jurusan MPLB dan beberapa guru usai kegiatan outing class. (Farah-J)

“Harapannya semoga dengan kegiatan seperti ini akan membuat siswa lebih antusias terhadap pembelajaran terutama jurusan mereka,” tutup beliau.

Penulis:
Revika Ayuniar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *