KREATIF SEKALI! TERNYATA INI YANG DIAJARKAN PADA ENTREPRENEUR CLASS JILID II

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – Di tengah pandemi COVID-19, mengharuskan seluruh siswa/i menjalankan berbagai aktivitas di rumah. Keadaan yang cukup menghawatirkan ini, membuat program-program sekolah harus dilaksanakan secara daring. Selasa, (15/12).

Menyikapi hal itu, SMKMITA mengadakan berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang siswa/i di rumah. Kegiatan kali ini mengangkat sebuah tema yang cukup menarik yakni ‘ART AND CALIGRAPHY CLASS’. Dengan menghadirkan bapak Rahmatullah S.Pd. selaku guru Seni Budaya SMKMITA sebagai pemateri.

Kegiatan yang dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi Zoom dan juga live YouTube ini dihadiri oleh siswa/i SMKMITA, Wali Murid, Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru, beserta staff SMKMITA.

Pelaksanaan Entrepreneur Class melalui zoom. (Shabrina-J)

“Kegiatan hari ini adalah serangkaian kegiatan proyek pembangunan sekolah yang nantinya akan berjalan selama 5 tahun ke depan. Kegiatan yang kita lakukan hari ini adalah pembelajaran yang menjadikan sekolah industri dan sekolah kewirausahaan,” ungkap bapak Eko Muji Wibowo S.Pd selaku kepala sekolah SMKMITA.

Bapak Rahmatullah selaku pemateri memaparkan bahwasanya seni kerajinan adalah sebuah karya yang tidak harus kita punya untuk kita belajar tetapi seni ini adalah keterampilan tangan dan dapat kita pelajari, langkah awal kita harus senang dulu baru kita bisa belajar, bagaimana mungkin kita bisa belajar kalau kita tidak senang. Tinggal bagaimana kita mengasah dan menyalurkan rasa senang kepada sesuatu hal yang positif.

“Saya suka seni itu dari awal, dari masa bermain itu sudah muncul rasa ingin belajar keindahan. Kemudian saya belajar membuat karya-karya dan coba dijual,” ungkap Bapak Rahmatullah S.Pd  selaku pemateri.

Beliau juga menjelaskan awal mula belajar menjual barang adalah sebuah keterpaksaan karena pada saat itu untuk bisa sekolah beliau harus berusaha. Dengan menggali dan membangkitkan keterampilan yang beliau miliki.

Bapak Rahmatullah S.Pd juga menerangkan langkah-langkah membuat kaligrafi yang ternyata menggunakan bahan dengan harga cukup terjangkau tetapi memiliki nilai jual yang tinggi. Serta menjelaskan bahwa kaligrafi merupakan karya seni murni dimana keindahan karya yang menentukan.

“Kita harus punya rasa suka untuk memulai sesuatu dan rasa suka itu sebenarnya sudah ada dalam diri masing-masing dan bagaimana kita mengembangkan rasa suka itu,” tutupnya.

Penulis. Gita-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *