KUPAS DUNIA PRESENTER MELALUI WORKSHOP OLEH MNC GROUP

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Maspion IT dan MNC Group berkolaborasi untuk mengadakan workshop yang berjudul ‘Radio Broadcasting bersama Maspion IT dan MNC Group’, pada Kamis (4/3).

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 10.20 s/d 12.30 WIB ini diadakan di Atriump Hall Maspion Square, Surabaya City. Workshop ini diisi oleh Bunda Yulia Sabil selaku Presenter MNC 104.7 FM Trijaya Surabaya. Selain itu, acara hari ini dimeriahkan oleh Yoko selaku moderator.

Workshop magang dan pelatihan guru ini dihadiri oleh perwakilan guru dan siswa SMK Negeri dan Swasta Provinsi Jawa Timur.

Menjadi Presenter tidaklah semudah yang dibayangkan dan juga tidaklah sesulit yang kita kira. Seorang presenter harus menguasai teknik-teknik dasar sebelum melalukan siaran radio.

Siswi SMKMITA Fitri bersama guru pendamping Bapak Anas, mencoba menjadi presenter dalam acara Workshop ‘Radio Broadcasting’. (Shabrina-J)

Penyiar radio adalah seseorang yang 100% menjual suaranya. Oleh karenanya, artikulasi yang diucapkan haruslah jelas dan dapat diterima oleh pendengar. Selain itu, spontanitas yang baik harus dilakukan untuk menjaga situasi tetap terkendali. Seorang presenter juga harus memiliki selera humor yang cukup baik, agar ketika siaran berlangsung ia bisa mengakrabkan diri dengan narasumber.

“Apakah pekerjaan presenter menjanjikan? Itu tergantung anda, mau mengasah lebih dalam atau tidak,” ucap Bunda Yuli selaku pemateri.

Bunda Yuli memaparkan bagaimana cara beliau bisa konsisten menjadi seorang presenter yaitu karena beliau memang mencintai pekerjaannya tersebut.

“Seseorang presenter radio harus percaya diri dulu, setelah percaya diri anda harus mempunyai bekal yang cukup seorang penyiar harus tau apa yang terjadi saat ini,” ungkap Bunda Yuli.

Seorang presenter harus memiliki attitude yang baik, karena attitude yang baik pasti dibutuhkan oleh setiap orang. Menjadi seorang presenter juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, serta harus bekerja keras dan disiplin.

Dalam kegiatan ini, Bunda Yuli juga menjelaskan bagaimana langkah-langkah menjadi penyiar radio. Beliau juga meminta beberapa siswa/siswi untuk menunjukkan bakatnya menjadi seorang presenter dalam sebuah radio.

“Jadi penyiar harus bisa menjadi pendengar yang baik karena penjelasan akan dijelaskan narasumber. Kita cuma perlu mancing supaya narasumber berbicara lebih banyak,” ucap Bunda Yuli.

Sebagai siswi yang mengikuti kegiatan tersebut, Fitri mengatakan, “Pastinya sangat bersyukur karena ini pertama kali mengikuti workshop resmi. Semoga ilmu yang saya dapatkan tadi bisa bermanfaat untuk ke depannya nanti,” tutupnya.

Penulis. Fitri-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *