IKUT ANDIL DALAM LOMBA KOMPETENSI SISWA PROVINSI JAWA TIMUR, SMKMITA BERHASIL RAIH POSISI 10 BESAR

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Prestasi, Slider

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) merupakan kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada peserta didik SMK. Ajang lomba ini baru saja diadakan di Jawa Timur dengan judul ‘Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Wilayah Kerja 1 Provinsi Jawa Timur 2021’ yang dilaksanakan pada tanggal 1-3 Maret 2021. Sebagai sekolah yang mengajar di bidang keahlian, SMK Muhammadiyah 1 Taman tergerak untuk mengikuti lomba ini, dengan bidang Bilingual Secretary dan Akuntansi. Jumat, (5/03)

Dalam ajang lomba ini, SMK Muhammadiyah 1 Taman memilih Maya Setiowati dari kelas XII jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan Dian Permata Sari dari kelas XII jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) untuk mewakili sekolah.

“Selain dorongan dari sekolah, saya juga ingin mengetahui kemampuan saya sampai mana dalam kompetensi keahlian yang sudah saya minati dari awal masuk SMK ini,” ujar Maya Setiowati.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ini digelar di SMKN 2 Tuban dengan dihadiri beberapa sekolah yang ada di Jawa Timur. Tetapi, tidak semua sekolah berani menghadirkan siswanya untuk dapat mengikuti lomba ini, apalagi dengan kondisi pandemi saat ini.

Dalam lomba ini, peserta diharuskan untuk menguasai beberapa job, salah satunya dalam kompetensi keahlian OTKP yang harus dikuasai adalah kecepatan mengetik 10 jari, membuat surat Bahasa Indonesia dan Inggris sesuai dengan perintah soal, dan juga masih banyak yang lainnya. Seperti lomba-lomba lain, semua sudah diatur waktunya. Waktu yang diberikan kepada peserta hari pertama adalah 08.00 – 16.00. Sedangkan waktu yang diberikan pada hari kedua adalah 08.00 – 13.00 dengan 2 job.

Ajang lomba ini tentunya membutuhkan persiapan diri yang baik untuk dapat mengikutinya dengan maksimal. Hal itu pula yang dirasakan oleh peserta lomba, salah satunya adalah Maya Setiowati selaku perwakilan dari jurusan OTKP.

“Persiapannya tidak lain adalah bimbingan dari beberapa guru, dan lebih banyak meluangkan waktu untuk latihan job-job lomba,” ungkapnya.

Dengan adanya persiapan yang matang, Maya Setiowati berhasil meraih posisi ke-7 di antara 29 peserta dari bidang Bilingual Secretary. Ia mengungkapkan bagaimana perasaannya setelah berhasil meraih posisi tersebut dan memberikan kesan juga harapan untuk kedepannya.

Siswi SMKMITA Maya Setiowati berhasil meraih posisi ke-7 dalam ajang kompetensi keahlian. (Shabrina-J)

“Seperti mimpi, tetapi saya percaya bahwa hasil yang saya dapat ini adalah hasil perjuangan dan usaha saya selama ini. Kesan saya saat mengikuti lomba ini adalah mendapat pengalaman baru, teman baru, ilmu baru, dan menjadikan karya peserta lain sebagai inspirasi saya. Pesan untuk adik-adik kelas, jangan pernah berhenti mencoba tantangan baru, jangan pesimis, tumbuhkan semangat yang tinggi, positif thinking itu penting banget, percaya kamu bisa, dan yang utama adalah berdoa dan bersyukur,” tutup Maya Setiowati.

Penulis. Revika-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *