MENAMBAH WAWASAN DENGAN  WORKSHOP TEKNOLOGI (PANEL SURYA DAN PENGAPLIKASIANNYA) OLEH PRODI TEKNIK ELEKTRO ITS SURABAYA

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – Seiring perkembangan zaman, banyak teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu pekerjaan manusia. Salah satunya adalah teknologi panel surya. 

Pada tanggal 22 Oktober, SMKMITA (SMK Muhammadiyah 1 Taman) yang bertempat di halaman sekolah, telah diadakan acara Workshop Teknologi (panel surya dan pengaplikasiannya).

Workshop Teknologi yang dilaksanakan di halaman SMK Muhammadiyah 1 Taman. (Shabrina/Jurnalis)

Acara ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dan dihadiri oleh murid kelas XII TKJ. Mereka terlihat sangat berantusias untuk mengikuti acara workshop ini.

Acara Workshop diisi oleh pemateri Andhika Bagus Alvian dan Kurniawan Dwi Saputra, yang merupakan Prodi Teknik Elektro ITS Surabaya.

Mereka bersama menjelaskan materi tentang panel surya serta pengaplikasiannya. Mereka memberikan materi tentang kekurangan dan kelebihan panel surya, cara mengaplikasikan panel surya dan lain sebagainya.

“Harganya ada yang 300.000, 400.000 tapi kalau semisal kita pakai user web harganya lebih dari 1 juta dan kalau semisal temen-temen bebannya kalau nggak pompa. Kalau semisal bebannya cuma HP atau laptop itu bisa pakai yang 300.000,” jelas Kurniawan Dwi Saputra, selaku pemateri dari Prodi Teknik Elektro ITS Surabaya.

Tak hanya itu mereka juga menjelaskan tentang perhitungan Inverter dan juga perhitungan panel surya. Terlihat, murid kelas XII TKJ mendengarkannya dengan seksama.

Tak terasa juga, acara Workshop ini telah selesai. Selanjutnya, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

“Acara ini dilakukan untuk pelakasanaan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat ini bisa ke SMK, perguruan, sekolah-sekolah atau kemasyarakat pokoknya diluar kampus. Dan alasan saya mengapa saya memilih SMK Muhammadiyah 1 Taman, karena topik yang saya bawa itukan ahli teknologi. Jadi kalau ke SMK itu saya kira lebih mudah daripada kemasyarakat biasa,” tutur Dr. Ir. Soedibyo, M.MT selaku Dosen Teknik Elektro ITS Surabaya.

Dengan diadakannya acara workshop ini, semoga siswa-siswi kelas XII TKJ bisa mendapatkan ilmunya dan semoga bisa bermanfaat buat kedepannya. Bukan hanya kelas XII TKJ saja, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Penulis. Reva-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *