TEMPA DAN DIDIK SISWA SMKMITA SEBELUM TERJUN KE DUNIA KERJA

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – Guna membekali siswa/i sebelum terjun ke dunia kerja, SMKMITA gencar adakan pembekalan materi. Seperti halnya hari ini, Senin (18/04) SMKMITA sukses gelar pembekalan PKL untuk kelas XI dan kewirausahaan untuk kelas X tahap 1.

Bertempat di Masjid Al-Mu’minin, kegiatan pembekalan sukses digelar. Turut hadir dalam acara ini Kepala SMKMITA berserta jajarannya dan siswa/i kelas X dan XI. Jalannya acara pembekalan dipandu oleh Adinda Putri (XI-AKL) dan Ayu Amalia (XI-OTKP) selaku MC.

“Manfaatkan betul apa yang disampaikan oleh pemateri nanti, karena apa yang disampaikan adalah untuk kalian kedepannya,” jelas Moch. Ismu, S. Pd selaku Waka Humas saat memberikan sambutan.

Penyampaian pesan oleh Waka Humas SMKMITA saat kegiatan pembekalan PKL dan kewirausahaan. (Fitri/J)

Kegiatan terus bergulir hingga tiba pada acara inti, yakni pemaparan materi pembekalan PKL dan kewirausahaan oleh Firly F. selaku perwakilan Evencioz.

“Membangun mental dan kompetensi itu seperti dua sisi, jika siap mental tetapi tidak kompeten sama saja dengan tidak mendukung. Mental dan kompetensi itu berjalan beriringan,” jelasnya.

Tak lupa, beliau juga menjelaskan tentang perbedaan karyawan dan wirausaha yakni jika karyawan penghasilan tetap dan stabil, ritme kerja bersifat rutin, kebebasan rendah, ketergantungan tinggi, serta bersifat pasti. Namun jika wirausaha penghasilan variatif dan fluktuatif, ritme kerja bersifat tidak rutin, kebebasan tinggi, ketergantungan rendah, serta ketidakpastian tinggi.

“Beruntung itu hasil dari persiapan dikali dengan kesempatan. Peluang atau kesempatan kemudian persiapan, kemudian tindakan, dan untung. Itulah siklus yang terus berputar dari kesuksesan wirausaha. Jangan lupakan juga etika, rasa hormat dan tidak menghargai orang lain, karena itu susah diobati,” ucap Firly.

Tujuan diadakannya magang atau PKL ini adalah mendapatkan pengalaman kerja, meningkatkan rasa percaya diri, memperluas pandangan siswa, Link and Match dunia pendidikan dengan dunia kerja, dan menghasilkan tenaga sesuai tuntutan lapangan kerja.

Perwakilan Evencioz Firly F. saat menyampaikan beberapa tips sukses PKL. (Fitri/J)

“Ada pula tipe dalam magang yakni mencari tau perusahaan yang akan ditempati magang, adanya etika dalam diri, menjalin komunikasi yang baik selama magang, menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan, jangan malu meminta saran dan arahan, menyelesaikan tugas tepat waktu, membuktikan bahwa saya layak dipertimbangkan, serta jikalau magang selesai tetaplah berhubungan baik,” ungkapnya.

Materi pun berakhir, yang kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab. Dan akhirnya kegiatan ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustaz Reno Hariyadi, M.Pd.I. Kemudian foto bersama dengan Firly F. selaku pemateri pada hari ini.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kedepannya anak-anak sanggup mengiringi larinya guru-guru, jadi guru-guru itu berlari, anak-anak jangan jalan ikutlah berlari juga. Berlari dalam hal ini artinya sanggup dan dapat merespon dengan antusias dan responsif,” harap Firly.

Penulis : Adinda-Jr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *