TUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH, SMKMITA OPTIMALKAN PROGRAM GEMPITA

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Jarak Jauh (GEMPITA 2020/2021) berlangsung dengan lancar. Program ini yang nantinya akan digunakan oleh siswa/i selama 4 bulan mendatang. Senin, (20/7).

Karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk siswa/i belajar disekolah, SMK Muhammadiyah 1 Taman akhirnya membuat sebuah program belajar yang diperuntukkan untuk siswa/i dari kelas X, XI, XII. GEMPITA atau ‘Gerakan Mengajar Tanpa Siswa’ yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

“Sementara ini Pandemi sedang kuat-kuatnya, jadi sementara kita online dulu. Nanti kalau sudah agak mereda, kita akan memasukkan para siswa perlahan-lahan. Mungkin seminggu satu kali, nanti kalau sudah benar-benar mereda. Semuanya bisa masuk sekolah,”ujar Moch. Haris Setiawan, S.Pd.I selaku Waka Kurikulum.

Secara khusus dibuat untuk memudahkan siswa dalam menerima materi pembelajaran, program ini mengharuskan para siswa menggunakan aplikasi Edmodo sebagai media utama dalam menerima tugas, mengirim tugas, dan bertukar informasi. Tidak hanya Edmodo, siswa juga dipersilahkan menggunakan media zoom untuk berinteraksi dengan guru mata pelajaran.

Dalam sosialisasi kali ini, dijelaskan berbagai prosedur pelaksanaan GEMPITA, pengaplikasian media, hingga ketentuan selama proses belajar mengajar. Tidak hanya itu, meskipun program ini berlangsung secara online, semua mata pelajaran baik kejuruan maupun umum tetap diajarkan. Perbedaan yang terlihat disini hanyalah tidak ada praktik yang dilakukan oleh para siswa.

Kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Jarak Jauh (GEMPITA) yang akan digunakan oleh siswa/i selama 4 bulan mendatang. (Reva/Jurnalis)

Program ini memberikan banyak kemudahan kepada para siswa, terutama dalam hal penggunaan paket internet, dan juga waktu pelaksanaan yang hanya berlangsung selama 3 hari dalam seminggu, diantaranya, hari Senin, Selasa, dan Rabu yang setiap mata pelajarannya hanya terdiri dari 30 menit, dengan jeda atau istirahat selama 30 menit. Sekolah juga menunjang paket internet untuk memudahkan siswa dalam belajar.

Bekerjasama dengan PT XL AXIATA, SMK Muhammadiyah 1 Taman secara khusus mengundang perwakilan dari perusahaan tersebut untuk menjelaskan tentang teknis registrasi kartu perdana dan juga membantu secara langsung siswa/i dengan lokasi yang minim sinyal pada saat belajar.

“Keren banget pokoknya program ini. Apalagi kita yang udah kelas 12, butuh banget materi. Apalagi dikasih paket internet itu alhamdulillah. Membantu banget,”ungkap Khamalat Azizah selaku siswa dari kelas XII OTKP.

Dengan adanya program GEMPITA ini, Moch. Haris Setiawan sangat berharap agar siswa dapat tetap mendapatkan hak untuk mendapatkan pembelajaran meskipun sedang berada dirumah.

“Saya juga berharap kalian dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas yanh sudah diberikan sekolah ini. Manfaatkan dengan belajar sebaik mungkin,”lanjutnya.

Penulis. Endah-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *