VISITASI DINAS PROVINSI, SMKMITA SEMAKIN MANTAP DENGAN JURUSAN BARU

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – Telah kita ketahui SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan memiliki banyak sekali program keahlian. Di pergantian tahun 2020 ini, tidak hanya tahun yang baru, namun jurusan baru pun telah dibuka di Smk Muhammadiyah 1 Taman. SMKMITA yang sebelumnya memiliki tiga jurusan sekarang telah membuka kompetensi keahlian baru yaitu Teknik Logistik, Desain Interior & Teknik Furniture.

Dan pada hari Kamis, (30/01) Dinas Provinsi Jawa Timur yang berkantor di Cabang Dinas Sidoarjo hadir di SMK Muhammadiyah 1 Taman dalam rangka kegiatan visitasi untuk kelengkapan dan kesiapan pendirian kompetensi baru. Pembukaan kompetensi keahlian baru ini sangat terkait dengan perkembangan zaman di era digital saat ini.

Dinas Provinsi Jawa Timur hadir di SMKMITA dalam rangka Visitasi. (Shabrina/Jurnalis)

“Jika dilihat dari kompetensi keahlian Teknik Logistik ini gambaran mudahnya adalah ekspedisi atau jasa pengiriman barang seperti Lazada, JNE, J&T, Wahana. Disinilah Teknik Logistik perlu diajarkan karena tidak semua barang yang sudah kita beli di tempat yang jauh kemudian sampai di tangan atau rumah konsumen. Sedangkan di kompetensi keahlian Desain Interior dan Teknik Furniture hubungannya dengan perkembangan zaman bisa dilihat dari segi kenyamanan tempat yang kita singgahi, ada istilah “Rumahku Surgaku” itu menunjukan kenyamanan tempat yang kita singgahi. Disinilah keilmuan Desain Interior & Teknik Furniture dibutuhkan selain penataan ruang , taman dan lain-lain. Desain Interior & Teknik Furniture juga diajarkan perhitungan keuangan dalam merencanakan pendirian bangunan,” ujar Muhammad Haris Setiawan S.Pd.I selaku Waka Kurikulum.

Selain itu, ada hal yang membuat kompetensi keahlian Desain Interior & Teknik Furniture berbeda dari yang lain yaitu pembelajaran yang biasanya hanya tiga tahun saja, di kompetensi keahlian ini akan ditempuh oleh para siswa nantinya selama empat tahun. Dan dari situlah lulusan SMK Muhammadiyah 1 Taman juga bisa dianggap setara dengan Diploma.

“Bicara jaminan kerja jika sekolah sendiri, SMK Muhammadiya 1 Taman menjamin lulusan kompetensi yang baru ini dengan bekerjasama bersama perusahaan dalam bidang Furniture & Ekspedisi di Lingkungan Sekolah. Selain jaminan kerja di Perusahaan, skil lulusan SMK Muhammadiyah 1 Taman juga mampu berwirausaha seperti halnya menciptakan produk furniture yang menghiasi ruangan rumah, taman ataupun lingkungan sekitar,” jelasnya.

Banyak jaminan dari kompetensi keahlian baru karena sangat terkait dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Dan hal ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi kaum muda millennial yang saat ini telah banyak menggunakan berbagai macam teknologi canggih masa kini.

“Harapan bagi peserta didik SMKMITA semoga mempunyai keahlian yang baru khususnya dibidang Desain Interior & Teknik Furniture, serta Teknik Logistik. Karena dari kompetensi yang baru inilangkah jenjang selanjutnya peserta didik akan mampu berwirausaha serta bekerja dibidang yang sesuai kompetensi baru tersebut,” tutupnya.

Penulis. Indriani – X AK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *