GELAR AKSI PEDULI LINGKUNGAN, HW SMKMITA TANAM BIBIT MANGROVE

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Hutan Mangrove, Wonorejo – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Qobillah SMK Muhammadiyah 1 Taman menggelar aksi peduli lingkungan dengan menanam bibit mangrove. Kamis, (2/12)

Sudah sepatutnya kita memberikan sesuatu yang terbaik untuk alam, semisal saja penanaman mangrove. Sebab saat kita memberikan secuil aksi untuk menjaga kelestarian alam, nantinya alam akan memberikan timbal balik baiknya pada kita, seperti mencegah terjadinya abrasi.

Hal itu disampaikan oleh Ibu Ari selaku staf pemandu hutan mangrove.

Penyampaian dari Ibu Ari selaku staf pemandu hutan mangrove. (Farah-J)

“Saya pribadi sangat mendukung kegiatan ini karena kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya harap kalian bisa mengambil hikmahnya, penanaman ini nantinya tidak hanya diterapkan di sini saja, melainkan bisa langsung dipraktikkan untuk menghijaukan sekolah,” ungkap Vicky Dwi Oktavianto, S.Pd selaku wakil kepala SMKMITA bidang kesiswaan.

Kegiatan yang bertempat di Hutan Mangrove, Wonorejo ini tidak hanya dihadiri 20 personel HW SMKMITA saja. Melainkan turut hadir pula wakasek SMK Muhammadiyah 1 Taman, pembina ortom, beberapa guru bidang kesiswaan, serta Pimpinan Kwartir Hizbul Wathan Cabang Sepanjang.

Pimpinan Kwartir Hizbul Wathan Cabang Sepanjang yang diwakili Muhammad Ulum, menuturkan, bahwasanya kegiatan konservasi ini menjadi yang pertama bagi HW Qobillah SMK Muhammadiyah 1 Taman.

“Harapan saya kedepannya, ingin HW SMK Muhammadiyah 1 Taman semakin baik dan maju. Semoga saja kegiatan ini bisa menjadi inspirasi Qobillah-qobillah lain untuk melakukan kegiatan konservasi yang bisa mendatangkan manfaat yang besar,” ucap Ulum.

Sebelum melakukan penanaman, Ibu Ari memandu rombongan SMK Muhammadiyah 1 Taman ke Green House untuk mengenalkan jenis tanaman mangrove yang ada di Wonorejo. Diantaranya ada Bruguiera, Rhizophora, Sonneratia, Avicennia, dan masih banyak lagi.

“Fungsi mangrove itu untuk menahan ombak laut yang besar dan mencegah terjadinya abrasi. Kalau manfaatnya, mangrove ini dapat diolah menjadi minuman, sirup, obat-obatan, tepung, dan kelopaknya bunga bogem bisa dijadikan pewarna batik,” jelas Ibu Ari.

Setelah berkeliling kawasan hutan mangrove, akhirnya rombongan diarahkan untuk menanam. Sebanyak 40 bibit mangrove jenis Bruguiera berhasil di tanam oleh SMK Muhammadiyah 1 Taman dengan dipandu dua petani mangrove.

Kegiatan menanam bibit mangrove bersama personel HW SMKMITA. (Farah-J)

Kegiatan yang bertajuk ‘Art To Earth Better Future’ ini berlangsung sukses hingga prosesi serah terima bingkisan antara pihak SMK Muhammadiyah 1 Taman dan pihak dari Mangrove Wonorejo. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama.

“Semoga dengan hasil penanaman adik-adik, bisa bermanfaat untuk penghijauan di Hutan Mangrove ya,” tandas Ibu Ari.

fitri-j

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *