INI CARA UNIK FIRLY FATUROCHMAN BANGUN MENTAL PESERTA DIDIK MELALUI SELF REMINDER

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah

Taman, Sidoarjo – Guna menciptakan siswi yang unggul dan siap kerja, SMKMITA kembali mengadakan pembekalan PKL untuk peserta didiknya. Jumat, (9/4)

Diadakannya pembekalan PKL ini, bertujuan untuk menjadikan sekolah bersinergi dalam hal menghasilkan peserta didik yang siap kerja dengan tetap mengedepankan etika dan mental ketika menjalani kegiatan PKL.

Hal itu disampaikan oleh Firly Faturochman, SE, CBA, CTMP yang merupakan Manager HRD PT. Varia Usaha Beton (PT. VUB) saat mengisi acara yang berjudul ‘Membangun Mental & Kompetensi Dalam Menghadapi Dunia Kerja’.

Kegiatan yang bertempat di Aula SMK Muhammadiyah 1 Taman ini berlangsung pada pukul 08.00 s/d 11.00 WIB. Dengan dihadiri Kepala SMKMITA, Waka Kesiswaan SMKMITA, beberapa Staf Wakil Kepala Sekolah, serta 24 siswi kelas XI OTKP SMKMITA. 

“Saya berharap kepada Pak Firly bisa mengecas dan memotivasi kalian untuk mewujudkan mimpi kalian agar bisa menjadi kenyataan,” ungkap Eko Muji Wibowo, S.Pd saat menyampaikan sambutannya.

Bapak Firly Faturochman yang sedang memberikan pertanyaan kepada salah satu murid. (Zulfa-J)

Dijelaskan oleh Pak Firly saat penyampaian materi, bahwasanya kegiatan magang ini memiliki tujuan yang istimewa. Diantaranya, dapat menghasilkan tenaga kerja yang berprofesional sesuai tuntutan kerja, memperkokoh mindset antara sekolah dengan perusahaan, serta memberikan pengakuan dan pegalaman bagi peserta didik.

Uniknya, beliau memberikan pertanyaan kepada peserta pembekalan PKL yang harus mereka persiapkan sebelum melakoni kegiatan magang. Kegiatan tanya jawab tersebut bertujuan untuk membangun komunikasi antara beliau dengan peserta pembekalan PKL, sehingga menciptakan suasana yang akrab dan santai.

“Mental itu sederhana, tapi memiliki efek yang luar biasa. Jika kalian pintar tapi tidak memiliki mental yang kuat, ya sayang,” ucapnya.

Kegiatan games yang di ikuti dengan antusias dari para siswa. (Zulfa-J)

Menjelang akhir acara, beliau mengusulkan untuk membuat game seru bersama peserta pembekalan. Game tersebut berupa tantangan agar semua siswi membentuk lingkaran di atas kursi tanpa menyentuh lantai. Peserta pembekalan PKL terlihat sangat antusias menyelesaikan tantangan yang diberikan.

“Game ini berfungsi untuk menunjukkan seberapa besar tekad siap magang yang kalian miliki. Game ini menunjukkan bahwa kalian satu keluarga SMKMITA yang solid dan tidak gampang menyerah saat menghadapi masalah di tempat magang kalian nanti,” ucapnya.

Firly Faturochman juga memberikan self reminder yang mengharukan. Beliau menekankan bahwa mereka (peserta pembekalan) pasti bisa melewati segala tantangan yang ada dan dengan segala kondisi, mereka pasti bisa membanggakan orang tua mereka.

“Tanpa mental kalian tidak akan mengetahui apa kehebatan kalian sebenarnya. Lakukan yang terbaik, Insya Allah semua akan baik-baik saja,” tutupnya.

Penulis. Fitri-J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *