MANFAATKAN MOMEN RAMADHAN, SMKMITA GELAR UJIAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAN KELAS XII

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Sidoarjo – Sejak awal Ramadhan di SMK Muhammadiyah 1 Taman melaksanakan kegiatan bazar Ramadhan di depan halaman depan Sekolah yang dekat dengan jalan raya. Bazar tersebut biasanya diisi oleh unit usaha sekolah seperti distro, Minimart dan pedagang food court SMKMITA.

Namun kali ini sangat berbeda, stand bazar Ramadhan diisi oleh siswa & siswi kelas XII yang sedang melaksanakan ujian keterampilan wirausaha. Kegiatan yang dimotori oleh guru-guru Produktif Kewirausahaan diantaranya Nurul Laili, S.Pd dan Rizal Amirul Ibad, S.Pd itu akan berlangsung selama 2 hari terhitung mulai kemarin hingga hari ini.(12/04).

Menurut Wakil kepala bidang kurikulum Moch. Haris Setiawan, kegiatan ujian praktik kewirausahaan ini merupakan serangkaian kegiatan ujian akhir dari kelas XII yang akan dijalani. Ujian keterampilan kewirausahaan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII dari 3 kompetensi keahlian yaitu Akuntansi & Keuangan Lembaga, Otomatisasi & Tatakelola Perkantoran dan Teknik Komputer & Jaringan yang terbagi menjadi 12 kelompok dan tiap kelompok terdiri dari 6-7 siswa/siswi. “Dari 3 kompetensi keahlian tersebut kita acak sehingga akan terbagi rata di setiap kelompok ada perwakilan dari tiap jurusan”, ujar Haris.

Kegiatan PKK ini dimulai pukul 16.00 – 19.00 WIB dan banyak produk dari siswa terjual habis sebelum pukul 19.00 WIB. Tampak terpancar wajah keceriaan Siswa/siswi sangat merasa senang karena banyak produk mereka yang terjual habis. “Mereka senang sekali karena bisa berlatih berwirausaha,” ujar bapak 2 anak tersebut.

Berbagai macam strategi dilakukan oleh peserta

Setiap stand bazar menyediakan menu yang berbeda dari yang lain. Mulai dari makanan ringan hingga berat bahkan berbagai macam minuman. Berbagai macam strategi pemasaran pun dilakukan oleh masing-masing kelompok untuk menarik para pembeli.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Taman Eko Muji Wibowo juga mengapresiasi kegiatan ujian keterampilan Kewirausahaan karena berjalan dengan baik dan lancar. “Alhamdulillah akhirnya selama 2 tahun ini anak-anak tidak merasakan kegiatan ujian keterampilan se-heboh ini karena terkendala pandemi covid-19 yang sudah melanda. Mudah-mudahan dari kegiatan ini, siswa/siswi menjadi orang yang sukses dan menjadi wirausaha muda,” ungkapnya.
(Mohas/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *