MENGENAL PENTINGNYA PUBLIC SPEAKING SEBAGAI BEKAL KEAHLIAN SISWA MELALUI WEBINAR SMKMITA

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo- Kondisi pandemi COVID-19 diawal tahun yang semakin meningkat, tak menghalangi SMK Muhammadiyah 1 Taman untuk tetap mengadakan kegiatan webinar yang bertujuan untuk membekali siswa/i dengan ilmu yang bermanfaat di era globalisasi ini. Selasa (26/01)

Kegiatan webinar yang diadakan SMKMITA kali ini mengangkat tema yang cukup menarik yaitu ‘Bicara Itu Mudah, Bicara Itu Ada Seninya’. Webinar ini menghadirkan Rima Citrafianti, S.sos selaku Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo sebagai pemateri.

Webinar yang dilaksanakan secara daring/online melalui aplikasi Zoom dan live streaming YouTube ini dihadiri para siswa-siswi, Bapak/Ibu guru, wali murid dan masyarakat umum.

Ibu Rima citrafianti S.sos saat memberikan materi mengenak public speaking ( Athiyyah – J )

Menurutnya, public speaking adalah sebuah proses komunikasi dimana pesan dan lambang terus berinteraksi, diantara pembicara dan pendengar. Selain menjelaskan mengenai pengertian public speaking, beliau juga menjelaskan tentang jenis-jenis, profesi, dan kunci sukses public speaking.

“Jadi kunci sukses public speaking itu persiapan mental, fisik, dan materi. Cara bagaimana kita tidak gugup adalah kita harus mampu mengenali diri kita sendiri dan mampu tampil percaya diri,” ujar Rima Citrafianti selaku pemateri.

Mungkin banyak diantara kita yang merasakan gugup/grogi pada saat melakukan public speaking. Namun, menurutnya itu adalah hal yang wajar. Hal pertama yang harus dikuasai setiap orang yang akan melakukan public speaking adalah kegugupan.

“Rasa gugup itu wajar untuk teman-teman yang sedang belajar berbicara pada khalayak ramai,” ucapnya.

Rima Citrafianti juga menjelaskan bahwa menjadi public speaking yang profesional harus tetap menjadi diri kita sendiri.

“Jadi, kita harus menjadi diri kita sendiri. Dan ketika kita merasa grogi, kita harus mengubah rasa grogi itu menjadi energi positif dalam diri kita,” tutupnya.

One thought on “MENGENAL PENTINGNYA PUBLIC SPEAKING SEBAGAI BEKAL KEAHLIAN SISWA MELALUI WEBINAR SMKMITA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *