PERINGATI HARI PERPUSTAKAAN INTERNASIONAL, SMKMITA AJAK KETAHUI DUNIA PERPUSTAKAAN

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – SMK Muhammadiyah 1 Taman menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema ‘Generasi 4.0 Calon Pustakawan Muda Berbasis Pelajar Pancasila SMK Pusat Keunggulan’, untuk memperingati hari perpustakaan Internasional. Jumat, (22/10)

Webinar kali ini mengundang Festy Handika S.Pd. selaku koor perpus SMKMITA, sebagai pemateri. Berlangsung pada pukul 08.00 s/d 10.00 WIB, dengan menggunakan media Zoom untuk kelas X dan media streaming YouTube untuk kelas XI serta XII.

Disampaikan oleh Festy Handika S.Pd. bahwa pada zaman sekarang kehidupan manusia hampir 100% sudah dipengaruhi oleh digital, contohnya untuk membaca buku dan mencari informasi.

“Tinggal satu klik saja kita sudah bisa beli makanan, baju, dan membaca platform-platform yang sesuai dengan kita. Bagus memang karena bisa mempermudah masyarakat dalam melakukan sesuatu,” ungkapnya.

Penjelasan Materi Yang di sampaikan Festy Handika S.Pd. (Farah-J)

Dijelaskan juga bahwa struktur pengorganisasian sangat penting bagi pustakawan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

“4 struktur pengorganisasian yaitu sistem pengadaan, sistem pengelolaan, dan sistem pelayanan (sirkulasi dan administrasi) ini saling berhubungan. Jika tidak ada salah satunya, tidak akan bisa berjalan,” jelas Festy Handika.

Tidak hanya tentang pengorganisasian, beliau juga menerangkan ciri perpustakaan ideal, apa itu resolusi 4.0, bagaimana cara menyiapkan generasi milenial, transformasi pustakawan dan perpustakaan era digital, serta tantangan dan kompetensi pustakawan di era 4.0.

“Perluas lagi hubungan kita dengan orang lain khususnya yg berhubungan dengan pustakawan. Dikarenakan cepat sekali perubahan ini, next mungkin semoga perpustakaan digital di SMKMITA bisa terealisasi dengan baik,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *