PERKAYA WAWASAN MELALUI SHARING CLASS JADI ANDALAN JURNALISSMKMITA

Berita Unggulan

Taman, Sidoarjo – Dunia redaksi dengan dunia kepenulisan memiliki kaitan yang sangat erat, khususnya bidang artikel. Artikel menjadi suatu hal yang wajib ditulis saat seorang jurnalis telah menyelesaikan liputannya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyusun artikel, seperti keyword (kata kunci) artikel.

Hal itulah yang mendorong tim Jurnalis SMKMITA kembali meluncurkan sharing class yang berjudul ‘Optimasi Keyword pada Penulisan Artikel’, yang bertempat di Lab Umum pagi tadi. Sabtu, (3/7)

Kegiatan sharing class yang bertempat di Lab umum smkmita. (Farah-J)

Sharing Class merupakan kegiatan rutin yang diadakan tim Jurnalis SMKMITA setiap bulannya. Namun, ada yang berbeda. Jika bulan sebelumnya, sharing class diadakan dengan metode offline dan dikhususkan untuk warga internal tim jurnalis saja. Lain halnya dengan bulan ini yang menghadirkan sharing class dengan metode online melalui App Zoom yang dibuka untuk umum.

“Kegiatan sharing class ini merupakan kegiatan proker rutin jurnalis dengan tujuan untuk menambahkan wawasan tentang keyword pada penulisan artikel,” jelas Farah Fitriani selaku Pimpinan Redaksi Jurnalis SMKMITA.

Pada kegiatan kali ini, tim Jurnalis SMKMITA berkesempatan untuk menghadirkan pemateri hebat yang mahir dalam bidang kepenulisan, beliau adalah Risky Hidayat, S.Pd selaku editor Majalah Paradigma. Beliau adalah lulusan Tempo Institute dan juga menjadi seorang blogger.

“Keyword itu kata kunci. Jika kalian bisa memilih kata kunci yang tepat maka artikel kalian nanti akan berada di peringkat atas di halaman pencarian,” jelas Risky.

Selain itu, keyword juga berperan penting dalam internet marketing yang bisa meningkatkan traffic website (jumlah orang yang mengunjungi website) menjadi berkali-kali lipat, sehingga dapat menarik minat pembeli.

Risky juga menuturkan bahwasanya jika ingin menarik banyak viewers sebuah website, kita harus menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization), yang meliputi pemilihan kata kunci yang tepat, judul yang menarik, dan lain-lain.

Foto bersama Risky Hidayat, S.Pd usai Kegiatan sharing class.(Farah-J)

“Sebenarnya judul itu simpel ya, tapi bisa berpengaruh pada keyword kalian. Judul itu jangan sampai lebih dari 10 kata, sementara ideal penulisan judul itu 8 kata. Kalau lebih dari 10 kata maka berita kalian tidak masuk ke dalam headline (berita favorit) atau headlights (berita baru),” ucap Risky saat mengakhiri perjumpaan sharing class hari ini.

Pimpinan Redaksi Jurnalis SMKMITA berharap dengan adanya sharing class hari ini, anggota Jurnalis nantinya bisa lebih memahami mengenai keyword pada penulisan artikel dan kedepannya artikel-artikel Jurnalis SMKMITA bisa lebih baik lagi.

Penulis: Fitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *