SINAU BARENG MENJADI LANGKAH YANG DIAMBIL DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

SMKMITA – Tak puas dalam berkembang, humas SMK Muhammadiyah 1 Taman (SMKMITA) adakan study banding ke tetangga sebelah. SMK Krian 2 Sidoarjo menjadi jujukan kegiatan Sinau Sinergi kali ini. Kamis, (14/01)

Interaksi guru SMKMITA bersama murid SMK Krian 2 Sidoarjo saat study banding. (Shabrina-J)

Pengembangan sekolah pastinya sangat diupayakan oleh setiap instansi demi dapat mengejar perkembangan yang amat cepat di Era ini. Sama halnya dengan perkembangan di bidang kehumasan, di mana manajemen hubungan internal dan eksternal dalam sebuah instansi dirasa sangat penting sebagai sarana tercapainya tujuan intansi tersebut, hal itu juga berlaku pada sekolah SMK Muhammadiyah 1 Taman.

Keinginan tersebut menjadi salah satu landasan utama digagasnya kegiatan ini, tentunya oleh tim humas SMKMITA. Tim yang membawahi urusan seputar Bursa Kerja Khusus (BKK) dan Relasi Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Hal itu disampaikan oleh Bapak M. Ismu Maulana selaku Waka Humas SMKMITA pada sesi wawancara daring melalui salah satu platform media sosial.

“Kegiatan Sinau Bareng ini sangat perlu dilakukan untuk meningkakan kualitas wawasan dan keahlian siswa dalam praktik kerja lapangan (PKL) sekaligus membuka wawasan tentang pengelolaan relasi IDUKA yang membuka peluang kerja untuk siswa, “ungkapnya.

Beliau juga menambahkan beberapa keterangan perihal kegiatan Sinau Bareng hari ini, yang isinya tidak selalu tentang kelebihan dan keunggulan, melainkan saling berbagi dan bertukar informasi.

“Memang ada beberapa kemiripan berdasarkan manajemen kehumasan di SMK Krian 2 Sidoarjo dengan di sekolah kita (baca:SMKMITA), karena pada dasarnya kegiatan Sinau Bareng tidak harus beradu kelebihan dan keunggulan, melainkan lebih kepada bertukar wawasan dan saling berbagi informasi. Kurang lebih singkatnya seperti itu.”tambahnya

Terlepas dari itu semua, memang banyak sekali inspirasi dan wawasan baru yang didapat dari kegiatan hari ini di SMK Krian 2 Sidoarjo. Seperti berbagai pengelolaan unit usaha yang ada, Teaching Factory yang sudah teratur sistemnya, jumlah MOU IDUKA yang sangat banyak, dan banyak hal-hal lainnya yang mungkin bisa dikembangkan di sini.

SMKMITA mengunjungi unit usaha milik SMK Krian 2 Sidoarjo saat study banding. (Shabrina-J)

Kegiatan ini memberikan motivasi dan dorongan semangat bagi tim humas SMKMITA untuk semakin mengembangkan diri sehingga setiap program-program yang telah direncanakan dapat segera tercapai dengan efektif dan efisien.

“Yaa… setelah ini kami akan segera mengadakan koordinasi bersama untuk menentukan langkah selanjutnya. Sehingga kemajuan dan perkembangan kinerja dapat semakin ditingkatkan dan peluang untuk mencetak lulusan siap kerja maupun lulusan sebagai wirausaha bisa semakin besar. Sehingga presentase lulusan akan didominasi oleh lulusan yang berkualitas dalam kompetensi keahlian serta terbekali ilmu wirausaha yang mumpuni,”sahutnya menutup penjelasan.

Tanggapan serupa pun diberikan oleh Pak Eko selaku Kepala Sekolah SMKMITA seusai kegiatan terlaksana.

“Sekolah sangat bangga karena tim humas mempunyai keinginan untuk berkembang, dan dengan adanya kegiatan ini, tentu merupakan sebuah bukti bahwa antusiasme seluruh tim humas sangat baik dan sekolah sangat mendukung terhadap hal ini,”jelasnya.

Beliau juga mengatakan bahwa kedepannya sekolah akan selalu memfasilitasi apapun program yang digagas selama itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan sekolah dan memberikan pelayanan terbaik untuk siswa-siswi baik yang masih berstatus pelajar (saat PKL) maupun untuk alumni yang ingin mendapatkan pekerjaan maupun memulai usaha mandiri mereka.

“Dan berharap selalu terjalin sinergisitas antara sekolah, siswa/siswi, alumni, dan IDUKA tentunya,”tutupnya.

Penulis : Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *