TAK HANYA SISWA, GURU PUN WAJIB UPGRADE KOMPETENSI DIRI DENGAN PROGRAM BARU DI SEKOLAH INI

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Percepat pergerakan melalui program magang guru produktif yang digagas sebagai terobosan awal tahun 2021 telah dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 1 Taman. Senin, (11/1)

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (baca;pengajar) menjadi target yang diresolusikan oleh SMKMITA dalam memasuki tahun 2021 ini. Cepatnya kemajuan di sektor pendidikan dan meningkatnya permintaan lulusan yang berkompeten serta dapat bersinergi dengan dunia industri & dunia kerja pun menjadi satu poin yang wajib dipenuhi.

Alasan tersebut menjadi dasar dicetuskannya program magang guru produktif, yang telah dilaunching pada hari ini, Senin 11 Januari 2021, tepatnya di Aula SMKMITA dengan beberapa deskripsi dan penjabaran yang telah dijelaskan oleh M. Haris Setiawan, S. Pd.I selaku Waka Kurikulum SMKMITA.

Foto bersama guru produktif TKJ & AKL sebagai simbolis pemberangkatan program guru magang. (Akbar-J)

“Pelaksanaan magang guru akan dilaksanakan selama 2 bulan, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan pastinya di luar jadwal mengajar bapak/ibu guru. Dengan mempertimbangkan juga ketentuan atau permintaan dari pihak IDUKA (Industri & Dunia Kerja),”ungkapnya mengawali pembukaan launching.

Selain magang dan belajar tentang segala kompetensi yang digunakan di dunia kerja & dunia industri, para guru juga diwajibkan untuk membuat sebuah laporan yang nantinya akan dijadikan sebuah modul pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran bersama siswa-siswi SMKMITA.

“Nanti kita juga akan mendatangkan pembicara dari IDUKA sebagai sarana pemantapan pemahaman siswa-siswi terhadap materi atau kompetensi yang telah diajarkan oleh bapak/ibu guru, dengan tujuan agar siswa-siswi semakin mantap ketika waktunya magang/prakerin siswa tiba”tambahnya.

Lantas, alasan apa yang benar-benar mendasari sehingga SMKMITA yakin untuk mengambil dan melaksanakan program ‘Magang Guru Produktif?’. M. Haris Setiawan yang sering disapa Pak Mohas itu pun menjawab bahwa alasan utamanya adalah keinginan untuk menyiapkan para siswa-siswi dalam menghadapi dunia kerja ketika waktu magang/prakerin tiba, serta menyiapkan kualitas kompetensi bapak/ibu guru dalam menghadapi pesatnya perkembangan industri Era 4.0 saat ini.

Serah terima surat penugasan magang sebagai simbolis pemberangkatan dalam program program magang guru oleh Bu Siti (kanan) kepada Pak Eko (kiri). (Akbar-J)

Dengan rasa optimis, beliau yakin bahwa program ini akan membawa manfaat yang luar biasa, baik untuk sekolah, untuk siswa, dan untuk bapak/ibu guru khususnya selaku pelaksana program magang ini.

“Semoga program ini bisa berjalan dengan lancar dan bapak/ibu guru selalu diberikan kesehatan serta keinginan belajar yang semakin tinggi dalam melihat perkembangan zaman. Sehingga siswa pun dapat semakin giat terus belajar sehingga siap menghadapi persaingan di dunia kerja nantinya.”(Akbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *