SUKSESKAN DIRI DAN BAWA PERUBAHAN DI BULAN SUCI RAMADHAN

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo – Pada Rabu (06/04), hari ketiga dari kegiatan Darul Arqam yang telah dilaksanakan dari Senin (04/04). Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka di SMK Muhammadiyah 1 Taman tepatnya di Masjid Al-Mu’minin. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 07.30 s/d 09.15 WIB.

Yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMKMITA, Waka Kesiswaan SMKMITA, para guru SMKMITA dan jajarannya, dan Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah, serta seluruh siswa SMKMITA dari kelas X dan XI. Diawali dengan Sholat Dhuha dan pembacaan ayat suci Al-Quran bersama, lalu dilanjutkan dengan kultum oleh Muhammad Agus Muhsinin (X-TF).

Penyampaian kultum oleh Muhammad Agus
Muhsinin (X-TF). (Farah-J)

“Jika seseorang mengaku muslim namun meninggalkan puasa maka ia termasuk orang yang kufur. Dan apabila orang yang tidak mengerjakan puasa karena malas tetapi dalam hatinya ia meyakini bahwa puasa wajib, maka dia telah melakukan dosa yang besar. Para ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang puasa. Ada yang berpendapat bahwa bagi yang telah berbuka puasa dan tidak berpuasa satu hari saja di bulan Ramadhan maka ia wajib mengqadha puasanya 12 hari. Ada juga yang berpendapat bahwa orang tersebut wajib menggantinya selama satu bulan. Ada pula yang menyatakan bahwa ia harus menggantinya 3000 hari. Dari semua pendapat tersebut ada pendapat yang paling kuat dan dipercaya, yaitu wajib mengqadha tanpa kafarah dan cukup bertaubat tanpa harus qadha,” jelasnya.

Kemudian dilanjut dengan pembukaan acara yang dibawakan oleh Dra. Bina Mufidah. Disusul dengan penjelasan dari Ustaz M. Ruman Nasruddin.

“Setiap amalan anak Adam akan dilipat gandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan hingga sampai 700 kali lipat. Allah SWT berkata: ‘Kecuali puasa, maka Aku yang akan membalas orang yang menjalankannya karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsunya dan makannya karena Aku’,” terang ustaz yang juga ada dalam Hadist Riwayat Muslim.

Penyampaian Materi dari Ustaz M. Ruman Nasruddin. Materinya Sangat bermanfaat. (Farah-J)

Beliau juga menjelaskan bahwa bulan Ramadhan ini dapat menjadi pemicu perubahan diri kita. Diantaranya adalah sukses dimulai dari impian dan keyakinan yang kuat kepada Allah SWT, orang yang sukses adalah mereka yang menemukan bakat dan minat terbaik mereka, setiap amal ibadah yang kita lakukan dalam rangka membentuk setiap karakter dalam diri kita. Kunci dari sebuah kesuksesan adalah karakter yang diri kita bentuk. Ketika ingin membangunkan habbit atau kebiasaan, perlu menggunakan 4M yakni melakukan pembiasaan, mulai dari hal-hal kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari saat ini.

Hingga akhir dari penjelasan Ustaz M. Ruman Nasruddin. Kegiatan ini ditutup dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Supriyadi, S.Ag. Dengan adanya penjelasan dari Ustaz M. Ruman Nasruddin ini, diharapkan siswa/i dapat percaya diri, fokus pada cita-cita, dan fokus untuk mengejar impiannya, serta merubah yang biasa menjadi luar biasa.

Penulis: Anggraini Jr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *