TINGKATKAN WAWASAN PERIHAL ETIKA SAAT MENJAMU MAKANAN, SMKMITA KUNJUNGI HOTEL DARMO SUITE SURABAYA

Berita Unggulan, Kegiatan Sekolah, Slider

Taman, Sidoarjo -SMK Muhammadiyah 1 Taman telah melaksanakan kunjungan industri berupa Diklat Table Manner ke hotel Grand Darmo Suite di Surabaya kemarin. Sabtu (10/4)

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 OTKP dan AKL. Dengan menggunakan armada berjumlah 2 bus, mereka berangkat dari sekolah pukul 08.00 WIB, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali siswa menjadi profesional dining ketika diundang jamuan makan di hotel atau pesta khusus. Selain itu, siswa juga dilatih skill table manner terkait etika yang harus diterapkan ketika menghadiri jamuan makan.

Sekitar pukul 9 pagi, rombongan tiba di Grand Darmo Suite. Kedatangan mereka disambut hangat oleh pegawai dan karyawan hotel, mereka langsung diarahkan menuju meeting room tempat diklat table manner dilaksanakan.

Dalam sambutannya, Imanda Bagus selaku Manager Food and Beverage mengungkapkan perasaan senangnya bisa bertemu dengan siswa/i SMK Muhammadiyah 1 Taman.

“Selamat datang di Grand Darmo Suite, senang bertemu anda semua,” ungkapnya.

“Anak-anakku, silakan diikuti dengan baik kegiatan ini, karena ini akan menjadi bagian dari mata diklat perkantoran yang akan menjadi bekal bagi kalian nantinya,” ucap Anis Sudaryaningsih saat menyampaikan sambutannya.

Kegiatan tersebut diawali dengan room tour yang dipadu oleh petugas hotel. Setiap petugas hotel membawa 10 siswa untuk berkeliling melihat fasilitas yang ada, mulai dari kamar hingga restoran. Hotel ini memiliki 15 lantai yang berisi 173 kamar.

Setelah mengelilingi hotel, siswa/i diarahkan kembali ke lokasi awal, yakni meeting room untuk mendengarkan pemaparan materi Table Manner yang dipadu langsung Manager Food and Beverage.

“Meskipun di hotel tapi tidak semua pegawai dan karyawan dari Jurusan Perhotelan. Untuk bagian keuangan pasti membutuhkan lulusan Akuntansi, bahkan satpam pun tidak harus dari Jurusan Perhotelan,” ucapnya.

Tabble Manner merupakan suatu tata cara makan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara internasional. Table Manner dapat ditemukan pada jamuan makan malam di hotel, jamuan makan kenegaraan, formal restaurant, International Dining Room, dan European Dining Room.

Bapak Imanda menerangkan bagaimana tata cara table manner dengan baik dan benar pada siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Taman. (Shabrina-J)

“Pada dasarnya, menu Tabble Manner merupakan 80 % unsur menu Eropa, tetapi banyak hotel bintang 5 di Indonesia yang sudah menggunakan set menu perpaduan Asia atau Indonesia,” jelasnya.

Penyajian makanan untuk Table Manner maksimum 4 item yang terdiri dari hidangan pembuka, soup, hidangan utama, dan hidangan penutup atau dessert.

Beliau juga berharap dengan diadakannya kegiatan diklat Table Manner kali ini, dapat menambah wawasan dan dapat memberikan pelatihan kepada siswa dalam hal etika saat menjamu makanan.

Penulis. Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *